Mengatasi Disk Usage 100% Pada Windows

Halo semuanya, udah lama saya gak update blog nih hehehe, di artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengatasi komputer yang lemot :v dan seringfreeze karna pemakaian hdd usage yang sampai 100%

Sebenernya HDD Usage kalau 0-50% itu normal2 saja kalau sedang membuka program, editing, dll tapi bagaimana kalau HDD usagenya selalu 100% padahal kondisi laptop sedang IDLE

Semuanya bermula laptop saya Acer4736G yang sering freeze, Awalnya saya kira overheat, atau harus install ulang, yang saya anehkan laptop saya selalu pakai Vacuum Cooler & Cooling Pad, Dan suhunya HDDnya hanya 40-45C, setelah saya pikirkan saya harus install ulang, rasanya sangat malas karna semua aplikasi yang sudah saya install sebelumnya akan hilang, dan karna saya juga malas konfigurasi dan setting2 aplikasinya dari awal, maka saat komputer saya lagi lemot-lemotnya ;v saya buka task manager saya kaget karna HDD Usagenya yang 100% lalu saya liat ke tab process ternyata service "superfetch" yang membuat pemakaian HDD saya setinggi ini -_-, 





Menurut pengalaman saya ada 5 service yang harus dimatikan (Superfetch, Background intelligent service, Windows Search,IP helper & Windows Update) #Kalau windows update dinyalakan saat diperlukan saja

Kalau begitu langsung saja ini tutorialnya

Matikan Service Yang Tidak Perlu



1.Buka Run (Windows + R) atau bisa melalui windows search
2.Kemudian masukkan services.msc dan tekan enter
3.Dan cari 5 services diatas, dan lakukan tahapan berikut :
- Double klik (Background Intelligence Transfer Service, Windows Search , Superfetch,IP Helper & Windows Update )
- Ganti Status type menjadi Disabled
- Pada Tab Recovery ganti semuanya menjadi Take No Action Lalu klik OK

  

Edit Registry Windows

Registry yang perlu dirubah antara lain :
1. Enable Prefetcher
2. Enable Superfetch
3. Enable SfTracingState (pada windows 10)
Caranya adalah sebagai berikut :
- Buka Run (Windows + R) atau bisa melalui windows search
- Kemudian ketik regedit.exe dan tekan enter
Kemudian masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE
» SYSTEM
» CurrentControl Set
» Control
» Session Manager
» Memory Management
» Prefetch Parameters
Kemudian pilih Enable Prefetcher, Enable Superfetcher, dan Enable SfTracingState (Win 10)
» Klik kanan pada kedua file tersebut dan pilih modify

» Rubah value data menjadi 0 seperti Screen shot dibawah

 

Klik OK Lalu Restart Komputer Anda, Silahkan mencoba semoga berhasil. 

 


Comments